Komisioner KPUD Manggarai Barat Tegaskan Rekapitulasi Suara di PPK Buka C Plano

Labuan Bajo | Mabaraktual. Com | Pemilihan umum merupakan tonggak demokrasi yang memerlukan kerja keras dan ketelitian dalam setiap tahapannya. Di tengah maraknya proses rekapitulasi suara, Komisioner KPUD Manggarai Barat, Gregorius Juhardi Otto, telah memantau proses rekapitulasi ditingkat kecamatan (Senin,19/02/2024)

Proses rekapitulasi hasil penghitungan suara dilakukan di wilayah pemilihan dapil 2 mencakup, Pacar, Macang Pacar, Kuwus, Kuwus Barat, dan Ndoso. Gregorius Juhardi Otto, sebagai Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPUD Manggarai Barat, memastikan kelancaran proses ini dengan mengacu pada regulasi.

Saat diwawancarai Mabaraktual, Gregorius Juhardi Otto menegaskan kepada semua PPK untuk proses rekapitulasi suara secara terbuka dan wajib membuka C Plano

“Kita ingatkan kepada semua teman PPK untuk proses rekapitulasi suara di tingkat kecamatan secara terbuka dan wajib membuka C plano, ” tegasnya.

Ia juga mengapresiasi kerja keras semua pihak terkait, mulai dari petugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS), hingga Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Mereka telah menunjukkan semangat tinggi dalam menjalankan tugas mereka sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

“Kami apresiasi kerja keras kawan-kawan di TPS, PPS dan PPK yang begitu semangat menjalankan tugasnya masing-masing dengan berpedoman pada aturan dan ketentuan yang ada,” tendesnya.

Meskipun menghadapi sedikit kendala terkait dengan antrian server, Gregorius Juhardi Otto memberikan opsi kedua kepada para petugas untuk melakukan pemotretan C hasil di tingkat kecamatan. Langkah ini menunjukkan fleksibilitas dan kesiapan KPUD Manggarai Barat dalam menghadapi tantangan teknis.

“Kawan kawan PPK telah mengupload melalui Sirekap mobile, agar dapat pelaksanaan rekapitulasi hasil suara secara transparan, tetap mengacu pada PKPU 5 tahun 2024,” tutur Ori.

Ketua PPK Kecamatan Kuwus Barat,
Libertianus Soni, menyatakan saat ini pihaknya hari ketiga melakukan rekapitulasi suara. 14 TPS telah selesai dilakukan rekapitulasi dari total 38 TPS yang tersebar di kecamatan Kuwus Barat.

“Kami pastikan semua akan berjalan lancar dan aman, ” kata Soni sapaan akrab Libertianus Soni.

Selain itu Lasarus Sunu, Ketua Panwascam Kecamatan Pacar, yang menegaskan bahwa tidak ada potensi pelanggaran yang signifikan terhadap regulasi yang mengatur proses pemungutan dan penghitungan suara.

Meskipun demikian, masih ditemukan kekeliruan dalam pengisian data, namun hal ini dapat diselesaikan dengan mengacu pada regulasi yang ada. Pada dasarnya, semangat dan kesabaran menjadi kunci dalam menghadapi proses ini, terutama mengingat volume besar data yang harus di-upload oleh petugas PPK.

“Untuk sementara kami belum menemukan pelanggan yang Krusial, hanya ada kekeliruan sedikit pengisian data namun dapat diselesaikan dengan tetap mengacu pada regulasi yang ada, “terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *