Cegah Virus ASF Puskeswan Pacar Lakukan Desinfektan Kandang Milik Masyarakat

Labuan Bajo | Mabaraktual. Com| Mencekah masuknya Virus African Swine Fever (ASF) pada peternak babi, Puskeswan kecamatan Pacar melakukan desinfektan di sejumlah anak kampung selama satu pekan terakhir.

Hal itu disampaikan Kordinator Puskeswan kecamatan Pacar, Manggarai Barat, NTT Drh. Savio mutu, melalui pesan Whatsapp kepada Mabaraktual. Com sabtu, 24/02/2024.

Savio menjelaskan, diri dan rekannya telah melakukan penyemprotan desinfektan pada kandang ternak babi di sejumlah anak kampung yang tersebar di kecamatan Pacar pada satu pekan terahir, sebagai langkah pencegahan masuknya virus ASF di wilayah tersebut.

“Persediaan desinfektan mungkin tidak menjangkau semua peternak di kecamatan Pacar. Tetapi paling tidak ini sebagai “demo” agar masyarakat paham akan pentingnya menjaga biosecurity kandang,”jelasnya.

Terkait isu penyebaran virus ASF yang terjadi di beberapa kecamatan di kabupaten Manggarai Barat, Savio menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan tetap waspada.

Ia berharap kerja sama pemerintah desa, agar melaporkan jika ada ternak babi yang mati secara tiba-tiba dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang cara pencegahan dan penyebaran penyakit tersebut. Adapun cara/tindakan pencegahan yang disarankan adalah menjalankan biosekuriti yang baik di peternakan, yaitu seperti berikut.

Menjaga kesehatan babi dengan memberikan pakan yang baik. Jangan berikan pakan babi dengan sisa makanan restoran atau hotel. Jika menggunakan makanan dari sisa-sisa makanan restoran atau hotel, maka makanan tersebut harus dimasak mendidih terlebih dahulu sekurang-kurangnya satu jam agar bebas dari virus ASF.

Menjaga kebersihan kandang, memisahkan babi yang sakit dari babi-babi yang sehat serta tidak mengizinkan orang lain yang telah berkunjung ke kandang babi lain untuk masuk peternakan babi kita.

Mencelupkan alas kaki atau sepatu kandang dalam desinfektan sebelum memasuki kandang babi. Senantiasa mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk ke dalam kandang babi dan setelah keluar dari kandang babi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *