Masyarakat Golo Leleng Dengan Tegas Menolak Rencana Aktivitas Galian C ANK Group di Wae Wako

Labuan Bajo | Mabaraktual. Com| Masyarakat kampung Indrong, Desa Golo Leleng, Kecamatan Sano Ngoang, Kabupaten Manggarai Barat, melayangkan surat penolakan kepada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terkait rencanaa aktivitas Galian C PT. Kariya Adhi Jaya (KAJ) dan PT. Sinar Lembor di wilayah Wae Wako, Wae Lempar, Wae Racang Pada tanggal 06, Januari 2024.

Masyarakat menyampaikan keberatan dengan alasan bahwa pada saat kegiatan sosialisasi yang difasilitasi oleh pemerintah desa setempat tanpa melibatkan masyarakat sekitar lokasi yang berpotensi menjadi dampak dari kegiatan galian C tersebut.

Hal itu tertuang dalam surat pernyataan penolakan warga yang memiliki lahan di sekitar rencana aktivitas galian C PT. KAJ dan PT. Sinar Lembor di wilayah Wae Wako, Wae Lempar dan Wae Racang.

“Dengan ini kami warga Golo Leleng ( Kampung Indrong) menyampaikan keberatan atas rencana PT Adhi Jaya (KAJ) dan PT. Sinar Lembor untuk melakukan aktivitas pertambangan galian C di wilayah Wae Wako, Wae Lempar, Wae Racang, Desa Golo Leleng, Kecamatan Sano Ngoang, kabupaten Manggarai Barat,” demikian bunyi surat itu dikutip Mabaraktual.com, Kamis (14/3).

Dalam surat itu juga warga menyebut sosialisasi yang di fasilitasi oleh pemerintah desa tanpa melibatkan masyarakat setempat.

“Dengan alasan bahwa saat pelaksanaan sosialasasi yang di difasilitasi oleh pemerintah Desa Golo Leleng tanpa melibatkan masyarakat sekitar lokasi yang berpotensi menjadi dampak dari kegiatan galian C nanti,” terang dalam surat itu.

“Dengan alasan tersebut, Kami menolak secara tegas dan memohon kepada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Nusa Tenggara Timur agar tidak memproses lebih lanjut terhadap proses izin oprasional dari PT. Kariya Adhi jaya dan PT Sinar Lembor”

Pernyataan penolakan itu dihadiri oleh 9 orang warga dengan tanda tangan lengkap.

Adapun tembusan surat penolakan itu disampaikan kepada Bupati Manggarai Barat, Ketua DPRD, Kepala Dinas PUPR dan Tata Ruang. Selain itu, dihadiri oleh Camat Sano Ngoang, Kepala Desa Golo Leleng serta Direktur PT. KAJ dan PT. Sinar Lembor.

Hingga berita ini diterbitkan para pihak belum berhasil dikonfirmasi dan masih diupayakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *